• SMAN 1 KANDANGAN
  • Tetap Membumi, Melambung Raih Prestasi
  • informasi.smansaka@gmail.com
  • 0354 326759 / WA 082228368642
  • RSS
  • Pencarian

Pembelajaran Berdiferensiasi Oleh Devy Mariyatul Ystykomah, S.Pd

Pada acara IHT tanggal 9 Januari 2024 SMAN 1 Kandangan mengadakan kegiatan IHT dengan tema Peningkatan Kualitas Kinerja dan Sinergitas Tenaga Pendidikan dan Kependidikan dengan narasumber ibu Devy Mariyatul Ystykomah, S.Pd yang merupakan Wakil Ketua Umum, Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN). 

Materi yang disampaikan beliau adalah Pembelajaran Berdifensiasi dalam lingkungan SMA yang berisi sebagai berikut:

diawali dengan penyampaian rute belajar yaitu :

Disiplin ==> Pembelajaran Direfensiasi ==> PSE.

* PSE : Pembelajaran Sosial Emosional

Diskrispi Pembelajaran Direfensiasi : Menurut Tomlinson (2001: 45), Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.

  • Pembelajaran berdiferensiasi bukanlah berarti guru harus mengajar
    dengan 32 cara yang berbeda untuk mengajar 32 orang murid.
  • Bukan pula berarti bahwa guru harus memperbanyak jumlah soal untuk murid yang lebih cepat bekerja dibandingkan yang lain.
  • Pembelajaran berdiferensiasi juga bukan berarti guru harus mengelompokkan yang pintar dengan yang pintar dan yang kurang dengan yang kurang. Bukan pula memberikan tugas yang berbeda untuk setiap anak.
  • Pembelajaran berdiferensiasi bukanlah sebuah proses pembelajaran yang semrawut (chaotic), yang gurunya kemudian harus membuat beberapa perencanaan pembelajaran sekaligus, di mana guru harus berlari ke sana kemari untuk membantu mereka dalam waktu yang bersamaan.
  • Guru bukan malaikat bersayap yang bisa ke sana kemari untuk berada di tempat yang berbeda-beda dalam satu waktu dan memecahkan semua.

Mengapa perlu ?

  1. Setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda.
  2. Setiap anak memiliki potensi diri.
  3. Pembelajaran berdiferensiasi memfasilitasi pengembangan potensi terbaik murid dan memberikan keleluasaan peningkatan potensi murid.

Tujuan 

  1. Menjalin hubungan yang harmonis guru - murid.
  2. Membantu murid menjadi pelajar mandiri.
  3. Membantu semua murid dalam proses belajar.
  4. Meningkatkan hasil belajar murid.
  5. Membantu murid mencapai kebahagiaan melalui kemerdekaan belajar.

Langkah

  1. Menentukan Tujuan.
  2. Mengidentifikasi dan Memetakan Kebutuhan Belajar.
  3. Membuat Perencanaan dengan Strategi Diferensiasi Konten, Proses, dan Produk
    berdasarkan hasil pemetaan.
  4. Melaksanakan Pembelajaran dan Melakukan
    Refleksi.
  5. Melakukan Asesmen Formatif Berkala.
  6. Melakukan Asesmen Sumatif
  7. Refleksi

Diferensisasi

Pembelajaran Berdiferensiasi (PB)

PB. Konten ==>  PB. Proses ==> PB. Produk ==> PB.Lingkungan Belajar

PB. Konten @ Gaya Belajar, Kesiapan Belajar, Minat Bakat.

PB. Proses @ Gaya Belajar, Kesiapan Belajar, Minat Bakat.

PB. Produk @ Gaya Belajar, Kesiapan Belajar, Minat Bakat.

PB. Lingkungan Belajar @ Gaya Belajar, Kesiapan Belajar, Minat Bakat.

 

Diferensiasi Konten berdasarkan Kesiapan Belajar Murid.

  1. Seorang guru Matematika di kelas 7 sedang mengajarkan mengenai penanganan data dan statistik. Setelah melakukan analisa profil dan kebutuhan peserta didik, guru kemudian mendapati peserta didik dapat dibagi menjadi tiga kelompok: Kelompok peserta didik yang sudah memahami konsep dasar statistik; mean, median, modus.
  2. Kelompok peserta didik yang masih harus mengulangi pemahaman dalam mean, median, modus.
  3. Kelompok peserta didik yang sudah siap diberikan
    tantangan dalam penanganan data.

Diferensiasi Konten berdasarkan Minat Murid.

Seorang guru Sastra Inggris di kelas 10 sedang mengajarkan mengenai menulis analisis perbandingan 2 karya sastra puisi. Setelah melakukan analisa profil dan kebutuhan peserta didik, guru kemudian mendapati peserta didik memiliki minat yang berbeda-beda, kemudian guru memberikan 2 puisi kepada peserta didik berdasarkan minatnya masing-masing:

  1. Kelompok peserta didik yang menyukai alam (nature) diberi puisi yang berhubungan dengan alam, misalnya: pantai, gunung, lautan, cakrawala, tumbuhan, hewan, dll.
  2. Kelompok peserta didik yang menyukai musik diberi puisi yang dimusikalisasi atau puisi yang berhubungan dengan seni, instrumen musik, dll.
  3. Kelompok peserta didik yang menyukai hal-hal bersifat teoritis, diberikan puisi yang berhubungan dengan hal-hal filosofis, proses berpikir abstrak, perenungan diri, dll.
  4. Kelompok peserta didik yang menyukai hal-hal sosial diberi puisi yang berhubungan dengan masalah sosial, keadaan masyarakat, persamaan hak, emansipasi, toleransi, dll.

Diferensiasi Konten Berdasarkan Minat Murid

Seorang guru Sastra Inggris di kelas 10 sedang mengajarkan mengenai menulis analisis perbandingan 2 karya sastra puisi. Setelah melakukan analisa profil dan kebutuhan peserta didik, guru kemudian mendapati peserta didik memiliki minat yang berbeda-beda, kemudian guru memberikan 2 puisi kepada peserta didik berdasarkan minatnya masing-masing:

  1. Kelompok peserta didik yang menyukai alam (nature) diberi puisi yang berhubungan dengan alam, misalnya: pantai, gunung, lautan, cakrawala, tumbuhan, hewan, dll.
  2. Kelompok peserta didik yang menyukai musik diberi puisi yang dimusikalisasi atau puisi yang berhubungan dengan seni, instrumen musik, dll.
  3. Kelompok peserta didik yang menyukai hal-hal bersifat teoritis, diberikan puisi yang berhubungan dengan hal-hal filosofis, proses berpikir abstrak, perenungan diri, dll.
  4. Kelompok peserta didik yang menyukai hal-hal sosial diberi puisi yang berhubungan dengan masalah sosial, keadaan masyarakat, persamaan hak, emansipasi, toleransi, dll.

Pembelajaran Terdifensiasi

Najelaa Shihab, Diferensiasi: 23 

Peran guru bukan hanya menghabiskan materi

tapi mengoptimalkan proses belajar

diferensiasi menjadi prasyarat proses belajar

bukan hanya elemen tambahan.

"nice to have"

 

Setiap murid

memiliki kunikan dan potensi

untuk berkembang

Komentar

Terima kasih Bapak Ibu telah belajar bersama

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Sukses, Tim Bola Voli Putra SMA Negeri 1 Kandangan Raih Juara 3 Volleyball Tournament Himawari Cup 2025

Tim bola voli putra SMA Negeri 1 Kandangan berhasil menorehkan prestasi gemilang. Tim memenangkan Volleyball Tournament Himawari Cup 2025 yang diadakan di Gor Jayabaya, Kota Kediri pada

07/02/2025 08:47 - Oleh Administrator - Dilihat 111 kali
Efka Olivia Asnan Mendapat Golden Tiket UM Jalur Leadership

Efka Olivia Asnan siswa kelas 12 -1 SMAN 1 Kandangan berhasil meraih Golden Ticket UM Jalur Leadership. Seleksi mandiri jalur leadership diperuntukkan bagi lulusan lulusan SMA/MA/SMK t

05/02/2025 11:42 - Oleh Administrator - Dilihat 327 kali
Mengusung Tema “Discover Potential, Realize Dream,” IKASKA Gelar Expo Campus and Career 2025

Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Kandangan (IKASKA) kembali menggelar acara Expo Campus and Career 2025 pada Kamis, (23/1/2025). Pada pelaksanaan Expo kali ini mengusung tema “Discover

01/02/2025 08:42 - Oleh Administrator - Dilihat 63 kali
In House Training ( IHT ) Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik Tahun 2025

Dalam rangka mendukung kelancaran program sekolah semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025, SMA Negeri 1 Kandangan mengadakan In House Training (IHT) “Penguatan Kompetensi Tenaga

23/01/2025 15:05 - Oleh Administrator - Dilihat 164 kali
IHT Penguatan Kompetensi Tenaga Kependidikan tahun 2025

IHT tertanggal 8 Januari 2025 kemaren memberikan training khusus bagi Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) untuk peningkatan kompetensi demi menjaga pelayanan yang baik. narasumber pada ke

23/01/2025 09:01 - Oleh Administrator - Dilihat 147 kali
Juara 2 Lomba Volly Diesnatalis STIKES PEMKAB Jombang 2024

Perlombaan dilaksanakan di Kampus Sekolah Tinggi Kesehatan PEMKAB Jombang dilaksanakan 7 sampai dengan 8 desember 2024. Dan siswa SMAN 1 Kandangan mendapatkan Juara 2 Lomba Volly Putra

18/12/2024 16:20 - Oleh Administrator - Dilihat 133 kali
Studi Tiru di SMA Negeri 3 Malang dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Kandangan

“Ingatlah, keberhasilan bukan hanya tentang individu, tapi juga tentang tim. Mari kita saling mendukung dan memotivasi untuk mencapai tujuan bersama. Karena dengan semangat korsa

17/12/2024 08:13 - Oleh Administrator - Dilihat 142 kali
LDKS SMAN 1 Kandangan 2024

Waktu Pelaksanaan Hari      : Senin, Selasa, Kamis Tanggal : 4, 5, 7 November 2024   Lokasi ada 2 : Tgl 4,5 di SMAN 1 Kandangan Tgl 7 di @Taman Merak Pujon

14/11/2024 11:11 - Oleh Administrator - Dilihat 197 kali
Gerakan Aksi Bergizi Serentak Seluruh Indonesia di SMAN 1 Kandangan

Gerakan Aksi Bergizi Serentak Seluruh Indonesia di SMAN 1 Kandangan salah satunya dilaksanakan pada Jum'at 13 September 2024 di Lapangan Indoor pukul 08.00 WIB. Dipimpin oleh tim GAZ (

19/09/2024 08:56 - Oleh Administrator - Dilihat 803 kali
Pengukuhan Pasukkan Paskibraka Kabupaten Kediri

Gian Cristiano Iswan sebelah kiri berbaju paskibraka dan Dimas Andreas Safaat sebelah kanan merupakan anak SMAN 1 Kandangan yang dikukuhkan menjadi pengibar bendera pada acara peng

16/08/2024 10:09 - Oleh Administrator - Dilihat 423 kali