
Pembelajaran Berdiferensiasi Oleh Devy Mariyatul Ystykomah, S.Pd
Pada acara IHT tanggal 9 Januari 2024 SMAN 1 Kandangan mengadakan kegiatan IHT dengan tema Peningkatan Kualitas Kinerja dan Sinergitas Tenaga Pendidikan dan Kependidikan dengan narasumber ibu Devy Mariyatul Ystykomah, S.Pd yang merupakan Wakil Ketua Umum, Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN).
![]() |
Materi yang disampaikan beliau adalah Pembelajaran Berdifensiasi dalam lingkungan SMA yang berisi sebagai berikut: diawali dengan penyampaian rute belajar yaitu : Disiplin ==> Pembelajaran Direfensiasi ==> PSE. * PSE : Pembelajaran Sosial Emosional |
Diskrispi Pembelajaran Direfensiasi : Menurut Tomlinson (2001: 45), Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.
- Pembelajaran berdiferensiasi bukanlah berarti guru harus mengajar
dengan 32 cara yang berbeda untuk mengajar 32 orang murid. - Bukan pula berarti bahwa guru harus memperbanyak jumlah soal untuk murid yang lebih cepat bekerja dibandingkan yang lain.
- Pembelajaran berdiferensiasi juga bukan berarti guru harus mengelompokkan yang pintar dengan yang pintar dan yang kurang dengan yang kurang. Bukan pula memberikan tugas yang berbeda untuk setiap anak.
- Pembelajaran berdiferensiasi bukanlah sebuah proses pembelajaran yang semrawut (chaotic), yang gurunya kemudian harus membuat beberapa perencanaan pembelajaran sekaligus, di mana guru harus berlari ke sana kemari untuk membantu mereka dalam waktu yang bersamaan.
- Guru bukan malaikat bersayap yang bisa ke sana kemari untuk berada di tempat yang berbeda-beda dalam satu waktu dan memecahkan semua.
Mengapa perlu ?
- Setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda.
- Setiap anak memiliki potensi diri.
- Pembelajaran berdiferensiasi memfasilitasi pengembangan potensi terbaik murid dan memberikan keleluasaan peningkatan potensi murid.
Tujuan
- Menjalin hubungan yang harmonis guru - murid.
- Membantu murid menjadi pelajar mandiri.
- Membantu semua murid dalam proses belajar.
- Meningkatkan hasil belajar murid.
- Membantu murid mencapai kebahagiaan melalui kemerdekaan belajar.
Langkah
- Menentukan Tujuan.
- Mengidentifikasi dan Memetakan Kebutuhan Belajar.
- Membuat Perencanaan dengan Strategi Diferensiasi Konten, Proses, dan Produk
berdasarkan hasil pemetaan. - Melaksanakan Pembelajaran dan Melakukan
Refleksi. - Melakukan Asesmen Formatif Berkala.
- Melakukan Asesmen Sumatif
- Refleksi
Diferensisasi
Pembelajaran Berdiferensiasi (PB)
PB. Konten ==> PB. Proses ==> PB. Produk ==> PB.Lingkungan Belajar
PB. Konten @ Gaya Belajar, Kesiapan Belajar, Minat Bakat.
PB. Proses @ Gaya Belajar, Kesiapan Belajar, Minat Bakat.
PB. Produk @ Gaya Belajar, Kesiapan Belajar, Minat Bakat.
PB. Lingkungan Belajar @ Gaya Belajar, Kesiapan Belajar, Minat Bakat.
Diferensiasi Konten berdasarkan Kesiapan Belajar Murid.
- Seorang guru Matematika di kelas 7 sedang mengajarkan mengenai penanganan data dan statistik. Setelah melakukan analisa profil dan kebutuhan peserta didik, guru kemudian mendapati peserta didik dapat dibagi menjadi tiga kelompok: Kelompok peserta didik yang sudah memahami konsep dasar statistik; mean, median, modus.
- Kelompok peserta didik yang masih harus mengulangi pemahaman dalam mean, median, modus.
- Kelompok peserta didik yang sudah siap diberikan
tantangan dalam penanganan data.
Diferensiasi Konten berdasarkan Minat Murid.
Seorang guru Sastra Inggris di kelas 10 sedang mengajarkan mengenai menulis analisis perbandingan 2 karya sastra puisi. Setelah melakukan analisa profil dan kebutuhan peserta didik, guru kemudian mendapati peserta didik memiliki minat yang berbeda-beda, kemudian guru memberikan 2 puisi kepada peserta didik berdasarkan minatnya masing-masing:
- Kelompok peserta didik yang menyukai alam (nature) diberi puisi yang berhubungan dengan alam, misalnya: pantai, gunung, lautan, cakrawala, tumbuhan, hewan, dll.
- Kelompok peserta didik yang menyukai musik diberi puisi yang dimusikalisasi atau puisi yang berhubungan dengan seni, instrumen musik, dll.
- Kelompok peserta didik yang menyukai hal-hal bersifat teoritis, diberikan puisi yang berhubungan dengan hal-hal filosofis, proses berpikir abstrak, perenungan diri, dll.
- Kelompok peserta didik yang menyukai hal-hal sosial diberi puisi yang berhubungan dengan masalah sosial, keadaan masyarakat, persamaan hak, emansipasi, toleransi, dll.
Diferensiasi Konten Berdasarkan Minat Murid
Seorang guru Sastra Inggris di kelas 10 sedang mengajarkan mengenai menulis analisis perbandingan 2 karya sastra puisi. Setelah melakukan analisa profil dan kebutuhan peserta didik, guru kemudian mendapati peserta didik memiliki minat yang berbeda-beda, kemudian guru memberikan 2 puisi kepada peserta didik berdasarkan minatnya masing-masing:
- Kelompok peserta didik yang menyukai alam (nature) diberi puisi yang berhubungan dengan alam, misalnya: pantai, gunung, lautan, cakrawala, tumbuhan, hewan, dll.
- Kelompok peserta didik yang menyukai musik diberi puisi yang dimusikalisasi atau puisi yang berhubungan dengan seni, instrumen musik, dll.
- Kelompok peserta didik yang menyukai hal-hal bersifat teoritis, diberikan puisi yang berhubungan dengan hal-hal filosofis, proses berpikir abstrak, perenungan diri, dll.
- Kelompok peserta didik yang menyukai hal-hal sosial diberi puisi yang berhubungan dengan masalah sosial, keadaan masyarakat, persamaan hak, emansipasi, toleransi, dll.
Pembelajaran Terdifensiasi
Najelaa Shihab, Diferensiasi: 23
Peran guru bukan hanya menghabiskan materi
tapi mengoptimalkan proses belajar
diferensiasi menjadi prasyarat proses belajar
bukan hanya elemen tambahan.
"nice to have"
Setiap murid
memiliki kunikan dan potensi
untuk berkembang
Komentar
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Sukses, Tim Bola Voli Putra SMA Negeri 1 Kandangan Raih Juara 3 Volleyball Tournament Himawari Cup 2025
Tim bola voli putra SMA Negeri 1 Kandangan berhasil menorehkan prestasi gemilang. Tim memenangkan Volleyball Tournament Himawari Cup 2025 yang diadakan di Gor Jayabaya, Kota Kediri pada
Efka Olivia Asnan Mendapat Golden Tiket UM Jalur Leadership
Efka Olivia Asnan siswa kelas 12 -1 SMAN 1 Kandangan berhasil meraih Golden Ticket UM Jalur Leadership. Seleksi mandiri jalur leadership diperuntukkan bagi lulusan lulusan SMA/MA/SMK t
Mengusung Tema “Discover Potential, Realize Dream,” IKASKA Gelar Expo Campus and Career 2025
Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Kandangan (IKASKA) kembali menggelar acara Expo Campus and Career 2025 pada Kamis, (23/1/2025). Pada pelaksanaan Expo kali ini mengusung tema “Discover
In House Training ( IHT ) Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik Tahun 2025
Dalam rangka mendukung kelancaran program sekolah semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025, SMA Negeri 1 Kandangan mengadakan In House Training (IHT) “Penguatan Kompetensi Tenaga
IHT Penguatan Kompetensi Tenaga Kependidikan tahun 2025
IHT tertanggal 8 Januari 2025 kemaren memberikan training khusus bagi Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) untuk peningkatan kompetensi demi menjaga pelayanan yang baik. narasumber pada ke
Juara 2 Lomba Volly Diesnatalis STIKES PEMKAB Jombang 2024
Perlombaan dilaksanakan di Kampus Sekolah Tinggi Kesehatan PEMKAB Jombang dilaksanakan 7 sampai dengan 8 desember 2024. Dan siswa SMAN 1 Kandangan mendapatkan Juara 2 Lomba Volly Putra
Studi Tiru di SMA Negeri 3 Malang dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Kandangan
“Ingatlah, keberhasilan bukan hanya tentang individu, tapi juga tentang tim. Mari kita saling mendukung dan memotivasi untuk mencapai tujuan bersama. Karena dengan semangat korsa
LDKS SMAN 1 Kandangan 2024
Waktu Pelaksanaan Hari : Senin, Selasa, Kamis Tanggal : 4, 5, 7 November 2024 Lokasi ada 2 : Tgl 4,5 di SMAN 1 Kandangan Tgl 7 di @Taman Merak Pujon
Gerakan Aksi Bergizi Serentak Seluruh Indonesia di SMAN 1 Kandangan
Gerakan Aksi Bergizi Serentak Seluruh Indonesia di SMAN 1 Kandangan salah satunya dilaksanakan pada Jum'at 13 September 2024 di Lapangan Indoor pukul 08.00 WIB. Dipimpin oleh tim GAZ (
Pengukuhan Pasukkan Paskibraka Kabupaten Kediri
Gian Cristiano Iswan sebelah kiri berbaju paskibraka dan Dimas Andreas Safaat sebelah kanan merupakan anak SMAN 1 Kandangan yang dikukuhkan menjadi pengibar bendera pada acara peng
Terima kasih Bapak Ibu telah belajar bersama